Selasa, 10 November 2009

tugas sosiologi

Pengertian Diferensiasi Sosial

Kalau kita memperhatikan masyarakat di sekitar kita, ada banyak sekali perbedaan-perbedaan yang kita jumpai. Perbedaan-perbedaan itu antara lain dalam agama, ras, etnis, clan (klen), pekerjaan, budaya, maupun jenis kelamin. Perbedaan-perbedaan itu tidak dapat diklasifikasikan secara bertingkat/vertical seperti halnya pada tingkatan dalam lapisan ekonomi, yaitu lapisan tinggi, lapisan menengah dan lapisan rendah. Perbedaan itu hanya secara horisontal. Perbedaan seperti ini dalam sosiologi
dikenal dengan istilah Diferensiasi Sosial.
Diferensiasi adalah klasifikasi terhadap perbedaan-perbedaan yang biasanya sama. Pengertian sama disini menunjukkan pada penggolongan atau klasifikasi masyarakat secara horisontal, mendatar, atau sejajar. Asumsinya adalah tidak ada golongan dari pembagian tersebut yang lebih tinggi daripada golongan lainnya. Pengelompokan horisontal yang didasarkan pada perbedaan ras, etnis (suku bangsa), klen dan agama disebut kemajemukan sosial sedangkan pengelompokan berasarkan perbedaan profesi dan jenis kelamin disebut heterogenitas sosial.

Faktor-faktor pembentuk ketidaksamaan sosial:

1.Letak geografis Kp.makasar sangatlah strategis karena di sebelah selatan terdapat JL.RAYA BOGOR,di sebelah utara terdapat jalan menuju CILILITAN & HALIM,di sebelah timur JL.RAYA PONDOK GEDE,dan di sebelah barat jala menuju KRAMAT JATI,jadi kalo kemana-mana gampang.Tempat tinggal saya juga tidak suit untuk berbelanja,karena ada 2 pasar yang jaraknya tidak jah dari rumah saya.Ohya tempat ibadah juga banyak loh,minimarket juga ada qo.Kesimpulannya rumah saya sangatlah strategis.

2.Etnis(suku bangsa) di lingkungan saya beraneka ragam,karena terdiri dari suku Jawa,sunda,madura,betawi,batak,dan mungkin masih banyak lagi,karena lingkungan sekitar saya sangatlah luas,maka saya hanya bisa mendata sedikit dari sekian banyak orang.

3.Bicara tentang teknologi di sekitar lingkungan saya kebanyakan mereka telah mengenal teknologi.Ha ini dapat di lihat dari keseharian mereka yang tak pernah lepas dari Handphone dan komputer dan juga pemakaian alat-alat elektronik yang sangat berguna untuk menjalankan kehidupan pada era globalosasi

Bentuk-bentuk Diferensiasi Sosial

5. Diferensiasi Ras
Ras adalah suatu kelompok manusia yang memiliki ciri-ciri fisik bawan yang sama. Diferensiasi ras berarti pengelompokan masyarakat berdasarkan ciriciri fisiknya, bukan budayanya.
Diferensiasi sosial adalah pengelompokan masyarakat secara horizontal berdasarkan pada ciri-ciri tertentu.
Pada masyarakat di Kp.Makasar perbedaan ini sangatlah sulit di temukan atau mungkin sudah tidak ada,karena mereka menganggap bahwa perbedaan fisik bukan merupakan ukuran seseorang untuk mendapatkan kesuksesan di dunia dan akhirat.

4. Diferensiasi Klen (Clan)
Klen (Clan) sering juga disebut kerabat luas atau keluarga besar. Klen merupakan kesatuan keturunan (genealogis), kesatuan kepercayaan (religiomagis) dan kesatuan adat (tradisi). Klen adalah sistem sosial yang berdasarkan ikatan darah atau keturunan yang sama umumnya terjadi pada masyarakat unilateral baik melalui garis ayah (patrilineal) maupun garis ibu (matrilineal).
rasanya pada lingkungan saya klen tidak terlalu terlihat karena mayoritas dari mereka berasal dari pulau jawa,tetapi ada sebagian kecil klen antara lain,simanjuntak,sirait,dan saya kurang tau nama klen lainnya...,,karena jumlah mereka sangat sedikit.


1. Diferensiasi Agama
Menurut Durkheim agama adalah suatu sistem terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal-hal yang suci. Agama merupakan masalah yang essensial bagi kehidupan manusia karena menyangkut keyakinan seseorang yang dianggap benar. Keyakinan terhadap agama mengikat pemeluknya secara moral. Keyakinan itu membentuk golongan masyarakat moral (umat). Umat pemeluk suatu agama bisa dikenali dari cara berpakaian, cara berperilaku, cara beribadah, dan sebagainya.Jadi, Diferensiasi agama merupakan pengelompokan masyarakat berdasarkan agama/kepercayaannya.

2. Diferensiasi Profesi (pekerjaan)

Profesi atau pekerjaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan manusia sebagai sumber penghasilan atau mata pencahariannya. Diferensiasi profesi merupakan pengelompokan masyarakat yang didasarkan pada jenis pekerjaan atau profesinya.
Profesi biasanya berkaitan dengan suatu ketrampilan khusus.Hal itulah yang ada di masyarakat saya .Misalnya profesi guru memerlukan ketrampilan khusus, seperti : pandai berbicara, suka membimbing, sabar, dsb. masyarakatdi sekitar rumah saya berprofesi sebagai guru, dokter, pedagang, buruh, pegawai negeri, tentara, dan sebagainya. Perbedaan profesi mereka biasanya juga akan berpengaruh pada perilaku sosialnya. Contohnya, perilaku seorang guru akan berbeda dengan seorang dokter ketika keduanya melaksanakan pekerjaannya.

3. Diferensiasi Jenis Kelamin

Jenis kelamin merupakan kategori dalam masyarakat yang didasarkan pada perbedaan seks atau jenis kelamin (perbedaan biologis). Perbedaan biologis ini dapat kita lihat dari struktur organ reproduksi, bentuk tubuh, suara, dan sebagainya. Atas dasar itu, terdapat kelompok masyarakat laki-laki atau pria dan kelompok perempuan atau wanita.
Pada lingkungan sekitar rumah saya perbedaan itu sudah tidak terlalu terlihat karena banyak perempuan yang bekerja untuk membantu perekonomian suami mereka.contohnya adalah ibu saya,karena ibu saya bekerja untuk membantu ayah saya.

B.STRATIFIKASI SOSIAL

Definisi sistematik antara lain dikemukakan oleh Pitirim A. Sorokin bahwa pelapisan sosial merupakan pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat (hierarkis). Perwujudannya adalah adanya lapisan-lapisan di dalam masyarakat, ada lapisan yang tinggi dan ada lapisan-lapisan di bawahnya. Setiap lapisan tersebut disebut strata sosial. P.J. Bouman menggunakan istilah tingkatan atau dalam bahasa belanda disebut stand, yaitu golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu dan menurut gengsi kemasyarakatan. Istilah stand juga dipakai oleh Max Weber.

Pelapisan sosial:

a.kelas atas:perekonomian di atas rata-rata.Di lingkungan saya tidak banyak kelas atas,tetapi ada juga yang termasuk kelas atas.Mereka adalah pengusaha-pengusaha yang sukses.Hal ini dapat di lihat dari rumah dan mobil mereka yang sangat mewah.

b.kelas menengah:perekonomian rata-rata.Inilah kelas yang paling banyak pada perumahan di Kp.makasar.Mereka rata-rata berprofesi sebagai pegawai negeri dan swasta serta wiraswasta.

c.kelas bawah: perekonomian di bawah rata-rata.Meskipun sangat jarang di jumpai pada masyarakat kami,tetapi ada segelintir orang yang masih mengais-ngais rezeki dari sampah yang masih bisa di jal atau di gunakan kembali.Rumah mereka juga tidak nyaman karena sangat kumuh dan kotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar